Mempunyai toko online sekarang ini menjadi salah satu usaha yang menjadi primadona bagi banyak orang di era pesatnya perkembangan teknologi internet. Memang usaha ini menjanjikan banyak keuntungan, mulai dari tak perlunya sewa toko hingga jangkauan ke pelanggan yang lebih luas sampai ke pelosok daerah. Karena alasan ini maka banyak sekali orang yang ingin mencoba menggelutinya, namun belum tahu caranya.
Pada umumnya mereka menganggap menjalankan usaha online itu sangat sulit, misalnya karena harus mempunyai kemampuan membuat website, paham membuat design website, harus membayar sewa hosting, mempunyai alamat domain dan sebagainya. Oleh karenanya, banyak dari mereka yang awalnya antusias sekali pada akhirnya harus melupakan keinginannya menjalankan bisnis di dunia maya ini.
Betulkah bisnis online itu sulit? Ternyata tidak, sekarang bisnis atau berjualan secara online itu cukup mudah, tak perlu syarat-syarat seperti disebut di atas, misalnya harus mampu membuat website dan sebagainya itu. Yang terpenting bagi Anda adalah asal punya niat yang kuat dan memiliki produk yang bisa dijual, maka Anda sudah bisa memulai bisnis itu sekarang. Caranya, Anda cukup bergabung atau daftar toko online di banyak toko online besar atau e-commerce yang ada di Indonesia, seperti blibli misalnya.
Lantas, apa kelebihannya menjual produk atau punya toko online melalui e-commerce? Berikut ini setidaknya 5 keuntungan penting yang perlu Anda ketahui. Simak uraiannya!
1. Memulai usaha lebih gampang.
Melalui e-commerce memungkinkan Anda lebih mudah untuk memulai bisnis online. Tak perlu persiapan khusus, kapan saja Anda mau usaha bisa dimulai, Anda cukup memilih e-commerce mana yang Anda kehendaki.
Caranya cukup dengan mendaftar, biasanya bisa menggunakan akun Facebook, Google, email atau nomor ponsel Anda. Tiap e-commerce mungkin mempunyai cara pendaftaran yang berbeda, namun secara garis besar, cukup daftar akun Anda kemudian tampilkan produk.
2. Tak perlu modal yang besar.
Bergabung bersama e-commerce cukup membantu bagi siapapun yang ingin memulai usaha atau berjualan online. Pendaftarannya cukup mudah dan tidak perlu biaya, bahkan tidak ada biaya layanan yang dibebankan kepada Anda jika sebatas melakukan penjualan secara reguler.
Biaya yang harus dikeluarkan biasanya Anda hanya akan berbagi profit sebesar 1% per produk jika melakukan upgrade keanggotaan, tergantung e-commerce yang Anda pilih. Upgrade status keanggotaan artinya Anda akan memperoleh bermacam-macam keuntungan promosi.
3. Tak perlu membuat sistem.
Setiap e-commerce telah memiliki sistem untuk menjalankan bisnisnya. Oleh karenanya, jika bergabung Anda tak perlu susah-susah menyiapkan sistem untuk menjalankan bisnis online Anda. Sistem yang ada di e-commerce pastinya sudah cukup baik, misalnya dari sisi website dan platformnya, desain yang bagus dan menarik bagi konsumen, alur yang jelas untuk pembelian produk dan sebagainya.
Kewajiban Anda cukup mengunggah foto terbaik dan yang menarik dari produk jualan Anda. Kemudian dilengkapi dengan deskripsi yang menjelaskan keunggulan yang dimiliki produk Anda tersebut. Tujuannya adalah agar produk Anda bisa bersaing dengan produk sejenis yang menjadi kompetitornya.
4. Sudah terbentuk pasar.
E-commerce sebagai wadah berbagai jenis toko online, makanya tak salah jika disebut juga sebagai sebuah pasar online. Sebagai pasar, artinya akan didatangi para pembeli yang sedang mencari atau membutuhkan suatu produk.
Setiap e-commerce pastinya mempunyai reputasi dan keunggulan masing-masing, misalnya dari segi kemudahan akses hingga keamanan untuk bertransaksi. Oleh karena itu, nama baik sebuah e-commerce akan menentukan keberhasilan bisnis Anda. Jadi, jika ada pembeli di e-commerce A misalnya, maka itulah yang ada di pikiran mereka, bukan toko Anda. Ini tentunya akan membantu bagi Anda yang masih baru dalam benjalankan bisnis.
5. Tak perlu strategi pemasaran.
Anda tak perlu punya strategi pemasaran barang tersendiri, karena e-commerce pastinya sudah memilikinya yang lebih jitu. Strategi pemasaran dari e-commerce itu bisa berupa promo, misalnya menawarkan gratis pengiriman barang atau free ongkir, promo diskon dan sebagainya.
Yang jelas banyak cara bisa dilakukan dalam menjual produk agar pelanggan menjadi tertarik dan e-commerce mempunyai banyak strategi itu. Jadi, Anda tak perlu repot mengatur strategi sendiri, yang penting Anda memikirkan kualitas dan kesiapan produk yang Anda jual.
Itulah beberapa kelebihan menjual produk atau punya toko online melalui e-commerce. Cukup mudah dan tak perlu repot bukan? Anda tertarik, ayo segera daftarkan bisnis Anda di e-commerce blibli yang sudah cukup popular di tengah masyarakat.
Pada umumnya mereka menganggap menjalankan usaha online itu sangat sulit, misalnya karena harus mempunyai kemampuan membuat website, paham membuat design website, harus membayar sewa hosting, mempunyai alamat domain dan sebagainya. Oleh karenanya, banyak dari mereka yang awalnya antusias sekali pada akhirnya harus melupakan keinginannya menjalankan bisnis di dunia maya ini.
Betulkah bisnis online itu sulit? Ternyata tidak, sekarang bisnis atau berjualan secara online itu cukup mudah, tak perlu syarat-syarat seperti disebut di atas, misalnya harus mampu membuat website dan sebagainya itu. Yang terpenting bagi Anda adalah asal punya niat yang kuat dan memiliki produk yang bisa dijual, maka Anda sudah bisa memulai bisnis itu sekarang. Caranya, Anda cukup bergabung atau daftar toko online di banyak toko online besar atau e-commerce yang ada di Indonesia, seperti blibli misalnya.
Lantas, apa kelebihannya menjual produk atau punya toko online melalui e-commerce? Berikut ini setidaknya 5 keuntungan penting yang perlu Anda ketahui. Simak uraiannya!
1. Memulai usaha lebih gampang.
Melalui e-commerce memungkinkan Anda lebih mudah untuk memulai bisnis online. Tak perlu persiapan khusus, kapan saja Anda mau usaha bisa dimulai, Anda cukup memilih e-commerce mana yang Anda kehendaki.
Caranya cukup dengan mendaftar, biasanya bisa menggunakan akun Facebook, Google, email atau nomor ponsel Anda. Tiap e-commerce mungkin mempunyai cara pendaftaran yang berbeda, namun secara garis besar, cukup daftar akun Anda kemudian tampilkan produk.
2. Tak perlu modal yang besar.
Bergabung bersama e-commerce cukup membantu bagi siapapun yang ingin memulai usaha atau berjualan online. Pendaftarannya cukup mudah dan tidak perlu biaya, bahkan tidak ada biaya layanan yang dibebankan kepada Anda jika sebatas melakukan penjualan secara reguler.
Biaya yang harus dikeluarkan biasanya Anda hanya akan berbagi profit sebesar 1% per produk jika melakukan upgrade keanggotaan, tergantung e-commerce yang Anda pilih. Upgrade status keanggotaan artinya Anda akan memperoleh bermacam-macam keuntungan promosi.
3. Tak perlu membuat sistem.
Setiap e-commerce telah memiliki sistem untuk menjalankan bisnisnya. Oleh karenanya, jika bergabung Anda tak perlu susah-susah menyiapkan sistem untuk menjalankan bisnis online Anda. Sistem yang ada di e-commerce pastinya sudah cukup baik, misalnya dari sisi website dan platformnya, desain yang bagus dan menarik bagi konsumen, alur yang jelas untuk pembelian produk dan sebagainya.
Kewajiban Anda cukup mengunggah foto terbaik dan yang menarik dari produk jualan Anda. Kemudian dilengkapi dengan deskripsi yang menjelaskan keunggulan yang dimiliki produk Anda tersebut. Tujuannya adalah agar produk Anda bisa bersaing dengan produk sejenis yang menjadi kompetitornya.
4. Sudah terbentuk pasar.
E-commerce sebagai wadah berbagai jenis toko online, makanya tak salah jika disebut juga sebagai sebuah pasar online. Sebagai pasar, artinya akan didatangi para pembeli yang sedang mencari atau membutuhkan suatu produk.
Setiap e-commerce pastinya mempunyai reputasi dan keunggulan masing-masing, misalnya dari segi kemudahan akses hingga keamanan untuk bertransaksi. Oleh karena itu, nama baik sebuah e-commerce akan menentukan keberhasilan bisnis Anda. Jadi, jika ada pembeli di e-commerce A misalnya, maka itulah yang ada di pikiran mereka, bukan toko Anda. Ini tentunya akan membantu bagi Anda yang masih baru dalam benjalankan bisnis.
5. Tak perlu strategi pemasaran.
Anda tak perlu punya strategi pemasaran barang tersendiri, karena e-commerce pastinya sudah memilikinya yang lebih jitu. Strategi pemasaran dari e-commerce itu bisa berupa promo, misalnya menawarkan gratis pengiriman barang atau free ongkir, promo diskon dan sebagainya.
Yang jelas banyak cara bisa dilakukan dalam menjual produk agar pelanggan menjadi tertarik dan e-commerce mempunyai banyak strategi itu. Jadi, Anda tak perlu repot mengatur strategi sendiri, yang penting Anda memikirkan kualitas dan kesiapan produk yang Anda jual.
Itulah beberapa kelebihan menjual produk atau punya toko online melalui e-commerce. Cukup mudah dan tak perlu repot bukan? Anda tertarik, ayo segera daftarkan bisnis Anda di e-commerce blibli yang sudah cukup popular di tengah masyarakat.
0 Komentar